Pages

Powered By Blogger

Wednesday, November 23, 2011

Tukang Becak di Palembang

Senin, 15/12/2008 14:19 WIB

Punya Rumah Tak Lagi Cuma Impian Bagi Tukang Becak di Palembang

Taufik Wijaya - detikNews


dok detikcom
Palembang - Di tahun 2009, memiliki sebuah rumah tak lagi hanya menjadi khayalan bagi kaum miskin kota di Sumatera Selatan, khususnya di Palembang. Pemprov Sumsel akan menyediakan rumah sederhana bagi mereka.

Kebijakan ini tertuang dalam rencana pembangunan perumahan bagi rakyat menengah kebawah oleh Pemprov Sumsel. Proyek yang dinilai sebagai pilot project dari rencana nasional itu, merupakan program di luar dari program pemerintah untuk membangun perumahan bagi masyarakat secara nasional.

"Program ini adalah yang pertama di Indonesia. Ini kita sendiri yang membangunnya melalui kerjasama dengan Bank Sumsel dan pihak pengembang," jelas Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Senin (15/12/2008), seusai rapat paripurna di DPRD Sumsel, Jalan POM IX, Palembang.

Menurutnya, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono tampaknya merespon positif, saat berkunjung ke Palembang, Minggu (14/12/2008) kemarin. Alasannya di tengah masa sulit seperti sekarang ternyata masih ada yang melakukan pembangunan perumahan untuk kepentingan rakyat. Rencananya pembangunan perumahan yang berlokasi di Jakabaring tersebut di awal tahun 2009 mendatang.

"Coba bayangkan, pernah terbayang tidak tukang becak bisa memiliki rumah sendiri dengan mencicil Rp 5.000 per hari. Kalau tidak dibantu dengan cara demikian, barangkali tidak berani punya rumah sendiri," ujarnya.

Dijelaskan, dengan pendapatan rata-rata tukang becak sehari yang mencapai Rp 25.000, maka bisa disisihkan Rp 5.000 untuk mencicil perumahan dan sisanya bisa untuk makan sehari-hari. (tw/djo)

No comments:

Post a Comment